Sambut Hardiknas Ponpes Annur Ajari Siswa Berwirausaha

Sambut Hardiknas Tiga orang pelajar SMK Annur Ayu, Retno dan Fitri Belajar Berwirausaha

BEKASI UTARA – Guna membangun jiwa wirausaha atau enterpreneurship, Pondok Pesantren (Ponpes) Annur berikan pelatihan wirausaha bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5/2017).

Panitia pelaksana Eri mengatakan, pihaknya ingn membangun jiwa wirausaha di kalangan pelajar dan anak muda, terutama bagi mereka yang akan lulus SMA/SMK.

“Acara pelatihan bisnis ini memang diarahkan untuk membagun karakter entrepreneur (witausaha) di kalangan anak muda di Kota Bekasi, mulai usia SMA hingga dewasa. Disini mereka dibangun motivasi bisnisnya, sehingga nantinya mindset mereka tidak lagi berfikir mau kerja, tapi berubah menjadi pelopor wirausahawan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat,” paparnya.

Tiga orang pelajar SMK Annur Ayu, Retno dan Fitri mengatakan berwirausaha itu sebenarnya sangat mudah. Misalnya saja tubuh kita bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk berfikir, dan berkreasi apa kira-kira yang bisa berpotensi menjadi peluang bisnis.

“Kami diajarkan bagaimana merubah mindset kita menjadi seorang entrepreneur, kemudian melakukan penelitian kecil-kecilan apa yang bisa kita produksi dari diri kita sendiri. Misalnya di kepala kita sendiri dari sini bisa bisa berfikir membuat kreasi aksesoris kepala misalnya bando, topi, hijab dan lain sebagainya,” kata Ayu.

Langkah selanjutnya adalah pemasaran produk melalui media sosial, dimana banyak pebisnis memanfaatkan berbagai macam sosial media sebagai media promosi.

Sementara itu, mengenai kebutuhan modal, tidak lagi menjadi kendala signifikan, karena peluang usaha kini bertebaran di dunia online. Bisnis reseller yang saat ini digandrungi oleh anak muda menjadi pilihan berwirausaha dengan minim modal.

“Sebenernya modal itu juga tidak terlalu menjadi masalah, apalagi sekarang ini di dunia online siapapun bisa menjadi reseller menjualkan barang orang lain tanpa modal, bahkan kita bisa mengambil keuntungan sendirin Jadi menurut saya modal tidak terlalu susah,” kata Retno Arumningtyas.(gob/GUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*