Luhut: KEE di Cikarang Bukti Pembangunan Jangka Panjang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan bersama CEO Lippo Group, James Riady, saat menghadiri kegiatan topping off dua tower CBD Meikarta di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

CIKARANG SELATAN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, pola pembangunan saat ini tidak hanya mengacu pada lima tahun ke depan, namun sepuluh hingga dua puluh ke depan. Maka dari itu, dibentuk program untuk menopang laju perekonomian di masa mendatang.

‎Disiapkannya Kabupaten Bekasi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEE), salah satunya dilatarbelakangi keberadaan Cikarang sebagai kawasan industri terbesar. Selain itu, lokasinya pun strategis antara Bandung dan Jakarta. ‎”Ada sedikitnya 20 persen yang tinggal di sini (Cikarang-red) itu bekerjanya di Jakarta. Maka, harus dipersiapkan, termasuk arahan Bapak Presiden untuk mengintegrasikan Jakarta-Bandung, sehingga harus disiapkan juga akses transportasinya hingga pemukimannya,” ucap Luhut.

‎Selain itu, lanjut dia, untuk meningkatkan investasi dengan memudahkan prosesnya. Dalam hal ini, Luhut mengapresiasi mega proyek Meikarta yang berhasil menanamkan investasi hingga 20 juta dollar Amerika. Kawasan ekonomi khusus di Bekasi pun tidak luput dari keberadaan Kota Meikarta. ‎”Kami mencari investasi besar dan ternyata di dekat Jakarta ada investasi sampai 20 juta dollar AS, kami sangat apresiasi hal yang dilakukan Lippo. Maka tentu ini yang kami kaji hingga nantinya menjadi kawasan ekonomi khusus yang terintegrasi antara Jakarta dan Bandung,” jelasnya.

‎Luhut juga mengapresiasi langkah Lippo yang menyediakan apartemen dengan harga setara rumah bersubsidi pemerintah. “Saya tertarik apartemen yang luasnya 23 meter namun dengan cost yang hampir sama dengan punya Pemerintah. Saya akan lapor Presiden, saya juga akan bicara ke Ibu Rini (Menteri BUMN-red). Kenapa Lippo bisa bikin murah, Pemerintah tidak bisa bikin murah,” tandasnya.(ONE)‎

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*