Longsor Cipamingkis, DPRD Desak Pemkab Koordinasi ke Pusat

Longsor di Jembatan Cipamingkis.

CIBARUSAH – Musibah abrasi di area jembatan Cipamingkis, penghubung Kecamatan Bojongmangu dengan Cibarusah, menyita perhatian publik. Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, meminta Pemkab Bekasi segera berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan BNPB.

“Terkait jembatan Cipamingkis, memang sepengetahuan saya tidak ada anggaran tanggap darurat di Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang-red). Yang ada hanya anggaran pemeliharaan dan perawatan ringan, seperti untuk jalan-jalan berlubang atau perbaikan kecil lainnya,” kata dia.

Menurutnya, perbaikan jembatan Cipamingkis membutuhkan penanganan ekstra, dengan anggaran yang sangat besar. Karena jika dilihat secara teknis, diperlukan sejumlah tindakan seperti Abutmen (sebagai pemikul seluruh beban), atau tindakan pengeboran sekelas pengeboran tambang. Selain itu, jembatan Cipamingkis juga merupakan wewenang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dibawah Kementerian PUPR.

Dimana, ada anggaran APBN untuk tanggap darurat pada Dirjen Binamarga atau Dirjen Sumber Daya Air pada Kementerian PUPR. Disamping itu juga, pernah ada Nota Kesepahaman antara Kementerian PUPR dengan BNPB (Badan Nasional Penanganan Bencana-red), kaitan penangangan tanggap darurat di bidang pekerjaan umum yang sudah dilakukan.

“Ini artinya, bisa segera dimanfaatkan oleh Pemkab Bekasi melalui Dinas PUPR untuk segera berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR dan BNPB), kaitan perbaikan Jembatan Cipamingkis ini. Di Kementerian PUPR atau di BBWS juga ada Satuan Kerja (Satker) Penanggulangan Bencana yang menangani perihal kejadian seperti yang terjadi di Jembatan Cipamingkis. Ini yang harus segera dimaksimalkan, koordinasi dan permohonan perbaikan Jembatan Cipamingkis ini,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya mendorong Pemkab Bekasi segera melakukan hal-hal strategis. Diantaranya, berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa, Badan Penanggulangan Bencana atau pihak terkait lainnya untuk dapat bekerjasama melakukan upaya urgensi agar longsor atau ambrolnya jembatan tidak makin melebar, serta tindakan lainnya agar lalu lintas jalan tidak terganggu.

“Agar Pemkab Bekasi dan Dinas PUPR segera berkoordinasi dan berkirim surat ke BBWS, BWS, Dirjen Binamarga Kementerian PUPR, dan BNPB Pusat. Dengan menyampaikan laporan kejadian jembatan Cipamingkis ini, dan permohonan perbaikan secepatnya,” tandasnya.(ONE)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*