Cegah Sengketa, Warga Cimuning Usulkan Pembuatan Tapal Batas

TAPAL BATAS : Tugu yang merupakan peninggalan Pemerintah Kabupaten Bekasi saat wilayah Cimuning masih berstatuskan desa

MUSTIKAJAYA – Masalah tapal batas, sering menjadi sumber sengketa antara penduduk yang bermukim di wilayah perbatasan. Olehnya diperlukan tapal batas yang jelas untuk memisahkan wilayah administrasi antara dua daerah yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kalangan masyarakat yang berdomisili di wilayah Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya mengusulkan penataan gerbang batas wilayah atau tapal batas. Pantauan Bekasi Ekspres hingga saat ini, batas wilayah yang menjadi gerbang pintu masuk ke Kelurahan Cimuning ini hanya ditandai dengan sebuah tugu yang merupakan peninggalan Pemerintah Kabupaten Bekasi saat wilayah Cimuning masih berstatuskan desa.

Lurah Cimuning Teguh Wicaksono menjelaskan usulan pembangunan tapal batas sudah lama disampaikan tokoh masyarakat Kelurahan Cimuning. “Tercatat sejak 2011, tokoh masyarakat mengusulkan pembangunan gerbang batas wilayah,” jelasnya.

Teguh menyebutkan wilayah Kelurahan Cimuning berbatasan dengan wilayah Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikahaya, serta berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bekasi. “Cimuning merupakan pintu masuk wilayah Kota Bekasi yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bekasi, tepatnya berbatasan dengan Kecamatan Setu,” ulasnya.

Menurut Teguh, masyarakat Cimuning menginginkan gerbang batas wilayah sebagai identitas kebanggan mereka sebagai bagian dari masyarakat Kota Bekasi yang merupakan kota metropolitan. “Sampai saat ini batas wilayah masih berupa tugu, yang dibangun saat Cimuning masih berstatus desa dan gabung dengan Pemerintahan Kabupaten Bekasi dulunya,” paparnya.

Teguh lalu berharap usulan masyarakat Cimuning ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Bekasi agar dapat terealisasi. “Kami dari kelurahan juga akan tetap memperjuangkan dan terus mengawal aspirasi masyarakat, sehingga pembangunan gerbang batas wilayah di Cimuning terealisasi,” pungkasnya. (GUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*