Rakor PPID, Pejabat Profesional Tidak Mengelak Beri Informasi

Kabag Humas dan Protokol, Edward Sutarman saat Rakor PPID.

CIKARANG UTARA – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bekasi menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di hotel Grand Zuri, Jababeka, Rabu (4/4).

“Rakor kemarin dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi khususnya di Kabupaten Bekasi,” kata Kabag Humas dan Protokol Edward Sutarman.

Edward mengatakan bahwa tujuan Rakor PPID adalah memberikan pemahaman dan keterbukaan kepada pejabat terkait dalam hal pemberian informasi. “Pejabat PPID dapat terbuka dalam memberikan informasi kepada pihak terkait semisal LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) maupun wartawan,” ucapnya.

Jika ada hal yang ditanyakan pemohon informasi, kata dia, pejabat yang bersangkutan dapat menjawab secara tertulis maupun lisan. “Tentunya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai pejabat publik hendaknya tidak perlu takut dan menghindar saat ditanya perihal kebijakan publik atau hal terkait lainnya oleh pemohon informasi. “Kita selaku ASN (Aparatur Sipil Negara) harus siap memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat,” terangnya.

Edward menambahkan, menutup diri dari pemohon informasi publik justru berpotensi akan memicu konflik dan kecurigaan publik. “Ini era keterbukaan, kita harus memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan akurat, serta yang terpenting dapat dipertanggungjawabkan tentunya,” tutupnya.

Kasubbag PID, Yanuar menambahkan, tujuan pelaksanaan Rakor adalah untuk meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. “Nantinya kegiatan surat menyurat permohonan informasi publik akan dialihkan ke sistem online. Para pemohon dapat mengakses langsung di website resmi http://ppidkabbekasi.id,” kata dia.

Kegiatan Rakor PPID sendiri diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Bekasi.(ADV)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*