Perayaan May Day di Kabupaten Bekasi Meriah dan Kondusif

PERAYAAN MAY DAY : Puncak perayaan May Day 2018 di Kabupaten Bekasi dihadiri sejumlah tokoh dan serikat buruh.

CIKARANG TIMUR – Perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2018 di Kabupaten Bekasi dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Selasa (1/5).

Dalam acara yang dilangsungkan sejak pagi hari itu turut dihadiri Wakapolda Metro Jaya beserta jajaran Dankor Brimob Mabes Polri Irjen Pol Rudi Sufahriadi, Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bersama jajaran Muspida Kabupaten Bekasi dan pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bekasi. Serta unsur Serikat Buruh, Apindo.

Acara semakin meriah dengan berbagai program dan hiburan musik seperti penampilan pedangdut Irma Dharmawangsa, pelayanan BPJS Kesehatan dan pelayanan SIM Online oleh Polres Metro Bekasi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menyampaikan perayaan hari buruh atau May Day yang selama ini identik dengan aksi demonstrasi turun ke jalan kini diubah menjadi sebuah perayaan dan hiburan.

“Seperti yang dilaksanakan saat ini sehingga pergerakan buruh atau pekerja lebih positif,” ujarnya.

Perayaan May Day juga harus dijadikan momentum untuk meningkatkan reputasi dari pergerakan buruh dan bagaimana caranya ke depan membuat perayaan May Day bisa menjadi daya tarik bagi pariwisata.

“Mudah-mudahan harapan ke depannya pada tahun berikutnya lebih semarak lagi,” tandasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi mengatakan, acara yang juga mencakup penyediaan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis itu mendapat dukungan dari kepolisian Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol. Purwadi Aryanto.

Adanya kegiatan ini, diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi buruh maupun pemerintah daerah sehingga menciptakan hubungan industrial yang kondusif.

“Prediksi saya ribuan warga akan memadati acara kita hingga selesai nanti, target kita sekitar 2.500 orang,” katanya.

Edi mengatakan pemerintah daerah memfasilitasi para buruh memperingati May Day di Bekasi, namun tidak melarang mereka yang ingin melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta.

“Karena pada intinya kita sifatnya hanya memfasilitasi kegiatan may day bagi teman-teman buruh untuk bersama-sama merayakan di daerahnya masing-masing, tapi kita juga tidak ada kapasitas melarang teman-teman yang lain untuk merayakan di tempat lain. Jadi sifatnya hanya mengajak,” terangnya

Selain acara di Taman Sehati, ada beberapa acara lain yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Buruh. Ada tabligh akbar di Masjid Darul Amanah Polres Metro Bekasi dan Mancing Mania di Rumah Makan Anugerah Cikarang Pusat. (ONE/ADV HMS PEMKAB)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*