Puncak Kemeriahan Hardiknas: Dari Upacara, Suguhan Tari, Sampai Penyerahan Pemenang Lomba Dinas Pendidikan

BERLANGSUNG KHIDMAT : Upacara puncak peringatan Hardiknas tingkat Kabupaten Bekasi di lapangan Plasa Pemkab Bekasi, Rabu (2/5).

CIKARANG PUSAT – Ratusan peserta upacara dari pelajar SMA/SMK dan SMP, Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga pengajar, TNI dan Kepolisian se Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten setempat yang di pusatkan di lapangan Plasa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

“Menguatkan pendidikan sekaligus memajukan kebudayaan dengan meneladani perjuangan Ki Hajar Dewantara,” kata Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat sambutan dan arahan upacara Hardiknas di Cikarang, Rabu (2/5).

Saat ini pemerintah daerah setempat terus berkomitmen untuk bekerja keras memperluas akses pendidikan di wilayahnya. “Saat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) kemarin juga telah disepakati bahwa fokus pembangunan Kabupaten Bekasi mendatang adalah sektor pendidikan,” kata Eka.

Eka menambahkan, wujud perluasan akses pendidikan salah satunya adalah pembangunan infrastruktur pendidikan di Kabupaten Bekasi secara besar-besaran. “Ke depan kita akan fokus pada pembangunan Sekolah Dasar (SD) yang jumlahnya mencapai 700 sekolah,”jelasnya.

Sebagaimana ditetapkan dalam regulasi, 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan dialokasikan untuk kebutuhan pendidikan.

“Makanya kita akan optimalkan itu karena dulunya SD yang ada di wilayah kita merupakan SD Inpres. Memang tiap tahun itu pemerintah membangun sekolah, tiap tahun juga dilakukan rehab bagi sekolah yang sudah tidak layak, karena saking banyaknya jumlah sekolah yang mesti di bangun mencapai 700,” ucapnya.

Selain itu, pendidikan juga harus di laksanakan secara seimbang oleh tiga jalur yakni formal, informal, dan non formal.

“Kita juga akan membuat banyak tempat latihan kependidikan seperti lembaga kursus dan pelatihan, pusat kegiatan belajar mengajar, sekolah paket A, B, C, serta pusat pendidikan usia dini,” tandasnya.

Dalam peringatan Hardiknas kali ini juga di meriahkan penampilan sejumlah sanggar tari dan musik berprestasi di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Selain itu, penyerahan simbolis penerima piala dan uang pembinaan kegiatan lomba-lomba Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi tahun 2018.

PENYERAHAN PIALA : Wabup Bekasi Eka Supria Atmaja secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada juara lomba-lomba Dinas Pendidikan 2018.

Berikut daftar penerima penghargaan Lomba Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Tahun 2018 :

1. Arheta Putri Umardani (SD Islam Al Azhar 12 Cikarang Utara) Juara I mata pelajaran IPA pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

2. Aryasatya Daffa W (SD Karya Iman Lippo Cikarang Selatan) Juara I Pantomim pada festival lomba seni siswa nasional tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

3. Wanda Subadra U (SD Jayasuti Abadi Tambun Selatan) Juara I Bulutangkis putri pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

4. Mochammad Nadhif Arfa Rayyan (SMP Islam Al Azhar 16 Cikarang Utara) Juara I mata pelajaran Matematika pada Olimpiade Sains Nasional tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

Kategori Guru/Kepsek/Pengawas

1. Imas Sunarsih, S.Pd (SMPN 2 Tambun Selatan) Juara I mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Olimpiade Guru Nasional tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat.

2. Asep Edi Sunjaya, S.Pd (SDN Setiaasih 06 Tarumajaya) Juara I Kepala SD Berprestasi pada pemilihan tenaga pendidik dan kependidikan jenjang SD tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

Kategori Paud Dikmas

1. Ruwiyono Hadi, S.Pd (LKP JM Music Cikarang Pusat) Juara I lomba pengelola lembaga kursus dan kepelatihan pada lomba apresiasi dan keteladanan PTK PAUDNI tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

2. Titi Wilujeng, S.Pd.I (TK Islam An Nur) Juara I lomba keteladanan lembaga TK pada lomba apresiasi dan keteladanan PTK PAUDNI tahun 2018 tingkat Kabupaten Bekasi.

3. Sumaiyyah Addin (TK Jannatur Rohim) Juara I lomba guru TK Berprestasi pada lomba guru dan Kepala TK Berprestasi tingkat Kabupaten Bekasi. (ADV HUMAS PEMKAB BEKASI)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*