Warga 9 Desa Antre Pencairan Dana Pembebasan Tanah Tol Cibici

PEMBAYARAN : Proses pembayaran uang ganti kerugian pengadaan tanah jalan Tol Cibitung- Cilincing di Kantor BRI Cabang Cikarang, Cikarang Selatan, Selasa (5/6/2018).

CIKARANG SELATANĀ – Warga 9 desa antre menerima ganti kerugiam pengadaan tanah untuk jalan Tol Cibitung – Cilincing (Cibici) di Kantor BRI Cabang Cikarang, Cikarang Selatan, Selasa (5/6/2018) pagi.

“Alhamdulilah, hari ini banyak warga penerima ganti kerugian yang sudah divalidasi BPN Kabupaten Bekasi datang dan mengikuti proses pembayaran,” ungkap PPK Kementerian PUPR, Dodit Dimas, di sela kegiatan.

Dijelaskan Dodit, ada sekitar 47.000 Meter Persegi bidang tanah milik warga 9 desa, diantaranya Desa Sumber Jaya, Tridaya, Pantai Makmur, Segara Makmur, Segarajaya, Samudrajaya, Pantai Bhakti, Telaga Asih dan Gandasari, yang dibayarkan hari ini.

“Dari 9 desa, ada 83 bidang yang hari ini kami bayarkan. Uang yang dialokasikan sebesar Rp117 miliar,” beber Dodit.

Dodit pun berharap lebih banyak lagi berkas ataupun surat kepemilikan tanah yang sudah divalidasi BPN, sehingga proses pembayaran akan lancar.

Pihaknya juga mengingatkan warga yang sudah menerima hasil musyawarah dan tidak mengajukan keberatan ke pengadilan agar mengumpulkan berkasnya untuk divalidasi di BPN.

“BPN masih mengalami sejumlah kendala saat validasi berkas, seperti kekurangan foto copy sertipikat, E-KTP dan KK. Padahal itu untuk memastikan dan meyakinkan bahwa yang dibayarkan adalah benar-benar orang yang berhak,” ujar Dodit.

Bukan hanya itu, papar dia, untuk proses pembayaran ganti kerugian, pihaknya juga meminta tanda tangan dan cap jempol penerima, hal tersebut untuk menguatkan berkas.

“Proses pembayaran itu bisa dibilang serah terima, ada yang diserahkan dan diterima, hak mereka (penerima) menyerahkan sertipikat tanahnya, dan kita menyerahkan uang. Kita mempunyai berkas untuk membackup itu semua, antara lain tanda tangan dan cap jempol mereka itu sangat penting,” pungkasnya (ZAL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*