Disnaker Berperan Aktif Tekan Angka Pengangguran

ANTRE : Para pencari kerja antre saat job fair beberapa waktu lalu.

BEKASI SELATAN – Sebagai daerah penyangga Ibukota Jakarta, Kota Bekasi semakin maju dalam berbagai sektor. Kota Bekasi termasuk kota paling padat di Jawa Barat. Walaupun masuk dalam wilayah Jawa Barat, Kota Bekasi lebih dekat dengan Provinsi DKI Jakarta.

Penyerapan tenaga kerja pun paling tinggi di wilayah Jawa Barat, sedangkan angka pengangguran dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal tersebut tidak lepas dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi yang berperan aktif dalam mengurangi angka pengangguran. Disnaker Kota Bekasi terus berupaya menekan angka pengangguran dengan berbagai program.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, Mochamad Kosim mengatakan, Disnaker Kota Bekasi selalu melakukan upaya penyerapan tenaga kerja di Kota Bekasi secara maksimal.

“Kita adakan pelatihan dan bimbingan kepada para pencari kerja, kita fasilitasi mereka agar dapat mengembangkan kemampuan di bidangnya,” kata Kadisnaker.

Dikatakannya, masyarakat harus mengetahui program dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), dengan tidak ragu untuk datang dan bertanya kepada Disnaker.

“Silahkan datang, dan bertanya kepada kami terkait berbagai rencana Disnaker. Kami akan sampaikan dengan jelas apa yang dapat kami lakukan untuk kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Terkait dengan aksi May Day yang digelar pada 1 Mei lalu, Kadisnaker mengaku telah memfasilitasi aksi damai para buruh untuk menyampaikan aspirasinya. Disnaker sudah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk para buruh yang akan datang ke kantor Disnaker.

“Kami akan siapkan panggung untuk para buruh ketika menyampaikan aspirasi mereka. Kita juga sudah persiapkan segala sesuatu yang nanti akan dibutuhkan oleh para buruh,” paparnya.

Pada May Day kemarin, Disnaker Kota Bekasi sudah berkoordinasi dengan para Serikat Pekerja (SP) yang hendak lakukan aksi damai di lingkungan kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi.

“Dari enam serikat pekerja (SP), lima diantaranya akan melakukan aksi May Day di Jakarta, hanya satu serikat pekerja dengan jumlah massa sekitar 300 orang yang akan memperingati hari buruh sedunia di Kota Bekasi,” kata Kabid Hubungan Industri dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, Cecep Miftah Farid saat ditemui di ruangannya.

Sebelumnya, Disnaker Kota Bekasi mengadakan Fun Bike (sepeda santai) beberapa waktu yang lalu dalam menyambut May Day. Rencananya, Disnaker juga akan melakikan kegiatan sunatan massal di wilayah Jatiasih. Dalam kegiatan tersebut, 300 anak akan menjalani sunatan massal yang digelar Disnaker Kota Bekasi. (ADV/GUN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*