Usaha Rentenir Dilarang Beroperasi di Wilayah Kabupaten Bekasi

Surat larangan menjalankan usaha rentenir di wilayah Kabupaten Bekasi.

CIKARANG PUSAT – Plt Bupati Bekasi terbitkan surat kepada para pelaku usaha perbankan dan koperasi di wilayah Kabupaten Bekasi.

Surat tertanggal 29 Januari 2019 yang ditandatangani Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja tersebut berisikan larangan melakukan usaha rentenir di wilayah Kabupaten Bekasi.

Demikian bunyi surat tersebut:

Bahwa dalam rangka mengantisipasi praktek-praktek pemberian pinjaman oleh orang perorang dan/atau badan usaha kepada masyarakat yang menerapkan dan menetapkan suku bunga dasar kredit tinggi yang tidak sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, sehingga merugikan masyarakat dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, maka dengan ini diminta kepada pihak-pihak terkait untuk:

1.Menghentikan segala aktifitas usaha pemberian pinjaman yang menetapkan suku bunga dasar kredit yang tidak sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengatasnamakan badan hukum koperasi atau perbankan.

2.Mengimbau masyarakat untuk melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan perbankan dan atau non perbankan yang menerapkan dan/atau menetapkan suku bunga dasar kredit sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.

3. Diminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, lurah dan kepala desa agar dapat mengarahkan masyarakat yang akan melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan perbankan/non perbankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.(ZAL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*