Tingkatkan Layanan, BPN Resmikan Kantor Pelayanan yang Representatif

RESMIKAN KANTOR: Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat Yusuf Purnama meresmikan kantor pelayanan baru yang lebih representatif di BPN Kabupaten Bekasi, Senin (11/3/2019).

CIKARANG SELATAN – Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bekasi resmi memiliki loket pelayanan baru yang lebih representatif.

Pada peresmian kantor layanan, BPN Kabupaten Bekasi memindahkan seluruh bidang pelayanan yang awalnya berada di lantai 2 dan 3 menjadi di lantai 1. Lokasi baru ini terbilang lebih representatif dengan jumlah loket yang meningkat dari semula delapan menjadi 19 loket.

Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat Yusuf Purnama mengatakan, lokasi ini jauh lebih baik dari pada sebelumnya.
Menurut Yusuf, Kabupaten Bekasi setara dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung dengan jumlah pelayanan mencapai puluhan ribu. Untuk itu perlu perluasan infrastruktur dan percepatan pelayanan.

“Pelayanan di Kabupaten Bekasi itu tiap bulan 22.000 pelayanan, belum PTSL, belum proyek strategis nasional. Proyek ini harus dipenuhi tapi jangan kesampingkan pemohon reguler. Dengan pelayanan yang representatif, saya tidak mau dengar masyarakat mengeluhkan karena tidak jelas dengan pelayanan. Layanan ini pun tentu harus dicontoh daerah lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Deni Santo mengatakan, perbaikan kantor layanan dilakukan setelah sejak 2003 tidak pernah diperbaharui. Ketika itu, terdapat 8 loket pelayanan yang ditempatkan di lantai 2 dan 3 dengan luas tidak lebih dari 50 meter persegi.

“Ketika itu, 2003 luasnya masih cukup karena total layanan masih 2.000-3.000 layanan per bulan. Tapi sekarang 22.000 layanan, loketnya masih di loket yang sama, tentu tidak memadai, maka dilakukan perbaikan,” ucapnya.

Selain lebih luas, jumlah loket pun bertambah menjadi 19 loket yang terbagi dalam empat bagian yakni informasi, pendaftaran, produk pertanahan dan keuangan.

“Semuanya lebih reprensentatif. Ini memudahkan masyarakat yang mengurus pertanahan untuk datang sendiri, tanpa diwakilkan. Adapun yang persyaratannya telah sesuai tanpa kendala, bisa diurus sehari langsung jadi melalui program one day service. Silakan dimanfaatkan,” ujarnya.

Lokasi baru ini ditanggapi positif oleh sejumlah pemohon administrasi Lisa Novartis (42). “Ya syukur sekarang lebih bagus ya. Jauh dari tempat yang dulu. Sekarang lebih enak dan memang harusnya pelayanan itu seperti ini,” ujar dia.

Ini menjadi kesekian kali Lisa mendatangi Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi. Namun, menjadi kali pertama sekaligus salah satu pemohon pertama yang dilayani pada kantor pelayanan baru ini.

“Kalau dulu memang kan ruangannya kecil di atas, kadang mau naik tangganya suka berdesakan walau enggak sering tapi sekarang jauh lebih nyaman,” ucap dia.

Pemohon lainnya, Wati (37), mengaku nyaman dengan lokasi pelayanan yang baru. Namun, dia pun berharap peningkatan kualitas pelayanan menjadi komitmen yang terus dijaga. “Kebetulan saya tadi ikut pas peresmiannya. Ada beberapa kepala di sini yang berkomitmen pelayanan di sini akan ditingkatkan. Mulai dari waktu dan kemudahan, saya berharap,” ujar wanita yang hendak mengurus akta tanah kantornya.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*