Disdukcapil Kabupaten Bekasi Kebut Cetak e-KTP Jelang Pemilu 2019

Giri Waluyo

CIKARANG PUSAT – Jelang Pemilu bulan April 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi mulai melakukan percepatan percetakan Kartu Tanda Penduduk Ekektronik (e-KTP). Tercatat sebanyak 110.000 warga Kabupaten Bekasi sudah melakukan perekaman.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil, Giri Waluyo menjelaskan, sebelum Pemilu 2019 warga yang sudah perekaman harus mempunyai e-KTP. Agar mencapai target dari Kemendagri, dimana warga yang sudah perekaman harus mempunyai e-KTP.

Kata Giri, seluruh Kasi Kependudukan di Kecamatan dikumpulkan di kantor Dinas Disdukcapil mulai Kamis (15/3/2019) sampai Rabu (20/3/2019), diberikan arahan tentang program percepatan percetakan e-KTP. Dengan tujuan, agar percetakan bisa lebih cepat.

“Agar lebih fokus sesuai data yang ada, Kasi Kependudukan Kecamatan dikumpulkan di kantor Disdukcapil. Ini hari kedua,” katanya, Jumat (15/3) kemarin.

Lanjutnya, percepatan percetakan ini khusus warga yang sudah perekaman. Terutama warga yang sudah perekaman dari beberapa bulan yang lalu, bahkan sampai ada yang satu tahun perekaman tapi belum dicetak.

Selain di kantor Disdukcapil, percetakan dan percepatan juga dilakukan di pusat (Dukcapil Kemendagri). Untuk Kabupaten Bekasi sekitar 47.500 e-KTP akan dicetak di sana. Sehingga yang dicetak di kantor Disdukcapil hanya sekitar 62.300 e-KTP.

“Intinya yang sudah perekaman dari tahun 2017, 2018, dan 2019 akan dicetak. Ini dalam rangka menjelang pemilu, dan ini sebagai tugas kita juga,” ujarnya.

Pasalnya, kalau dicetak di kantor kecamatan itu kekuatan datanya terbatas 200 sampai 300 dalam satu hari, karena terkendala dengan jaringan yang sering ofline. Dan kalau di kantor Disdukcapil jaringan lebih cepat, dan bisa fokus, dalam satu hari bisa mencetak 4.500 e-KTP

“Ini agar lebih cepat saja, karena kalau di kecamatan banyak kendalanya,” tuturnya.

Diakuinya, ada empat kecamatan yang dicetak di pusat, seperti Tambun Selatan, Cibitung, Setu, dan Cikarang Timur. Dan pada hari kedua, ada beberapa kecamatan yang sudah selesai mencetak, seperti Cibarusah, Bojongmangu, dan Sukawangi.

“Empat kecamatan juga dicetak di pusat, total yang dicetak di pusat sekitar 47.500 e-KTP,” tutupnya.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*