Aset Pemkab Bekasi Dibajak Jadi Hunian dan Parkiran Truk?

BERUBAH FUNGSI: Aset Pemkab Bekasi berupa tanah merah yang berlokasi di Rawapasung, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi yang berubah fungsi menjadi parkiran truk dan hunian.

CIKARANG PUSAT- Sejumlah aset tidak bergerak berupa tanah dan bangunan milik Pemerintah Kabupaten Bekasi yang tersebar di sejumlah titik wilayah Kota Bekasi rawan disalahgunakan. Salah satunya adalah aset tanah merah yang berlokasi di Rawapasung, Kelurahan Kalibaru,Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Pengamat Kebijakan Publik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syafuan Rozi mengatakan seharusnya ketika bicara aset daerah, Pemerintah Kabupaten Bekasi selaku pemilik aset seharusnya melakukan pengawasan dan monitoring agar tidak disalahgunakan.

“Aset daerah seperti tanah kosong kalau dibiarkan tanpa ada pengawasan akan membuat lahan itu jadi bancakan,”papar dia yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (15/04/2019).

Jelas dia, kasus penyerobotan aset sering kali terjadi di berbagai daerah. Hal itu disebabkan karena lemahnya pengawasan dan kontrol dari dinas yang memiliki aset tersebut. Sehingga aset tanah merah itu dengan mudah diubah menjadi tempat tinggal maupun tempat parkiran truk.

“Kalau pun Pemkab Bekasi menertibkan aset miliknya di Kota Bekasi, warga yang mendiami lahan selama bertahun-tahun, sudah pasti tidak akan tinggal diam dan akan meminta ganti rugi kepemkab,”katanya.

Maka dari itu, lanjut dia, Pemkab Bekasi harus memperjelas status dari aset yang saat ini sudah berubah jadi hunian liar maupun parkiran.

“Itu tanah kosong statusnya disewakan atau bagaimana? Kalau tidak ada kontrak apa-apa, lebih baik asetnya ditertibkan Pemkab Bekasi agar tidak disalahgunakan,”tutup dia.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*