Emak-emak Sempat Cekcok Mulut dengan KPPS di TPS 033 Kebalen

ANTUSIAS: Warga antusias mengikuti Pemilu Serentak 2019 di TPS 033, RT 02/06 Kelurahan Kebalen, Kacamatan Babelan, Rabu (17/04/2019).

BABELAN – Sejumlah warga sempat cekcok mulut dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 033 di RT 02/06 Kelurahan Kebalen, Kacamatan Babelan, Rabu (17/04/2019).

Adu mulut tidak bisa terelakan, pasalnya PPS secara mendadak meminta warga yang menggunakan e-KTP yang hendak menyoblos di TPS tersebut agar juga menyerahkan fotokopi e-KTP. Sontak saja hal itu disambut protes warga yang mayoritas emak-emak ini.

“Kasih tau dong dari awal, jangan dadakan gini, kan waktu pendaftarannya udah mepet gini.Toko fotokopi juga pada tutup lagi,” ketus sejumlah emak-emak kepada PPS di TPS 033.

Bahkan emak-emak menyebut PPS kurang sosialisasi terkait hal tersebut. Menurut mereka seharusnya kejadian ricuh ini tidak terjadi apabila pemberitahuannya tidak dadakan.

“Emangnya tahu bulat digoreng dadakan enak rasanya.Ini menyangkut hak sebagai warga negara untuk menyalurkan pilihannya lima tahun sekali yang dijamin oleh undang-undang.Benang merahnya yaitu gak ada sosialisasi kepada warga untuk menyerahkan fotokopi e-KTP selain e-KTP yang asli,” tegas salah satu warga, Rina Trisnawati mewakili emak-emak lainnya.

Dia pun menganjurkan emak-emak dan warga lainnya untuk segera melakukan fotokopi e-KTP lantaran waktu pendaftarannya sudah mepet.

“Ibu-ibu cepet fotokopi e-KTP, mengingat waktu pendaftaran ditutup pukul 13.00 Wib.Jangan buang waktu hanya untuk berdebat dengan PPS,” pintanya.

Warga lainnya, Ghozali Rakasiwi mengatakan kisruh yang terjadi di TPS 033 lantaran banyak warga setempat yang tidak mendapatkan formulir C6 (surat undangan memilih ke TPS).

“Saya ini sekeluarga gak dapet formulir C6, parah kan? Padahal saat Pilgub Jabar dan Pilkada kemarin, saya dan keluarga dapat surat undangan ke TPS. Anehnya lagi, ada seorang warga yang mendapat dua formulir C6,” tandasnya.

Untuk diketahui, secara umum pemungutan suara di TPS 033 Kebalen berjalan aman dan kondusif.(ZAL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*