Pemkab Bekasi Dinilai Lambat, Kementerian PUPR Ambil Alih Perbaikan Jalur Kalimalang

PERBAIKI JALAN: Jalan Inspeksi Kalimalang pintu IX Jababeka arah Tegal Gede sedang diperbaiki.

CIKARANG UTARA-Meski Idul Fitri 1440 Hijriah masih sekitar 2 minggu lagi, namun persiapan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mempersiapkan kondisi jalan yang aman dan nyaman bagi pemudik yang bakal melintasi jalan Kalimalang belum dilakukan secara maksimal.

Koordinator perbaikan jalan wilayah pantura pada Kementerian PUPR, Kadiman mengatakan progres perbaikan yang dilaksanakan jalan Inspeksi Kalimalang pintu IX Jababeka arah Tegal Gede dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman bagi pengendara yang melintasi jalan yang sudah banyak mengalami rusak berat.

“Jalan yang akan kita perbaiki dilakukan dengan cara diaspal, karena kondisinya sudah rusak berat dan parah,” kata dia yang diwawancarai, Senin (20/05/2019).

Beber dia, pihaknya pun sudah membuat pemetaan jalan mulai dari batas Kota Bekasi hingga Kabupaten Bekasi (Tegal Danas-red), titik mana saja yang akan diperbaiki sepanjang 29 KM.

Perbaikan hari ini di pintu IX Jababeka, dilakukan oleh Kementerian PUPR sebagai upaya mempersiapkan jalan Inspeksi Kalimalang untuk para pemudik dengan aman dan nyaman tanpa terganggu dengan kerusakan jalan saat berkendara.

Sementara itu, Kepala Sub Unit Dikyasa Satlantas Polres Metro Bekasi, Ipda Asep Saepulloh yang diwawancarai mengatakan ini sebagai salah satu langkah untuk antipasi akan adanya pengalihan arus di Kalimalang.

“Setiap hari kita lakukan pengecekan jalan bekerja sama Kementerian PUPR khususnya jalur pantura, dimana kita sudah siap bahkan ok untuk bisa dilalui kendaraan,”kata dia

Memang diakui ada beberapa titik jalan di jalur Kalimalang arah Tegal Gede terutama bawah overpass yang masih alami kerusakan parah, koordinasi pihak Kepolisian Metro Bekasi sendiri dengan pihak Dinas PUPR Kabupaten Bekasi terutama petingginya diakui belum pernah bertemu baru sebatas petugas lapangan saja.

“Kalau dengan Dinas PUPR Kabupaten Bekasi diakui kooperatif, bahkan saat diminta langsung mengerjakan jalan rusak yang di pertigaan Cibuntu, Cibitung. Tetapi kalau untuk yang mengarah perbaikan ke jalan Tegal Gede hingga Tegal Danas berdalih harus dilakukan perbaikan ulang,”ucapnya

“Seharusnya Dinas PUPR Kabupaten Bekasi tidak harus membongkar dulu dan membangun ulang jalan yang rusak tadi, tetapi bagaimana memberi rasa aman jalan itu masih bisa dilalui dengan cara apapun,”lanjut dia.

Pantauan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Metro Bekasi untuk di jalan Kalimalang mulai dari batas Kota Bekasi hingga Kabupaten Bekasi, diakui banyak sekali jalan yang rusak. Namun, perlahan sudah mulai dilakukan perbaikan diantaranya di Tambun di jembatan pergudangan, kemudian ada dari pertigaan Cibuntu arah Cibitung Dalam.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*