Pos Kelling Margamulya Permudah Pelayanan ke Masyarakat

PERMUDAH PELAYANAN: Salah satu kegiatan Pos Kelling Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara di wilayah bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

BEKASI UTARA – Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara membuka Pos Kelurahan Keliling (Pos Kelling) di setiap Rukun Warga (RW) yang berada di wilayahnya. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan dan kepengurusan tata tertib kependudukan.

Setiap hari sebanyak 15 orang staf kelurahan disiagakan, mereka akan melayani keperluan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan PM1,surat keterangan domisili tempat tinggal, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), surat pengantar SKCK, surat pengantar nikah juga pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Selain itu, di sini juga menerima konsultasi warga yang masih bingung mengenai pelayanan. Kita adakan konsultasi, termasuk menampung keluhan warga,” ujar Rizki Nuryanto,, Sekretaris Kelurahan (Sekel) Margamulya saat bertugas di pos Kelling RW.05, Kamis (11/07/2019).

Dikatakan Rizki, program perdana Pos Kelling dimulai pada tanggal 17 Juni 2019 lalu, tujuanya untuk membantu memudahkan pelayanan kepada masyarakat, juga sebagai ajang sosialisasi dan silaturahmi antara warga dengan aparatur kelurahan.

“Sekarang ini masih dalam taraf program uji coba, jadi kita jadwalkan keliling ke setiap RW per tiga hari sekali. Misal sekarang di RW.01 nanti tiga hari kemudian baru buka di RW.02, dan untuk jadwalnya sudah kita sosialisasikan ke setiap RW,” terangnya.

Lanjut Rizki, saat ini sudah ratusan warga yang telah terlayani, pos Kelling akan digelar dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul, 09.00 Wib sampai pukul, 15.00 Wib.

“Alhamdulillah antusias warga masyarakat dari RW.01 sampai RW.05 sangat bagus, dan sekitar 500 warga yang sudah kami layani, rata-rata untuk pembuatan surat domisili tempat tinggal, surat pengantar nikah dan pembayaran PBB,” urainya.

Senada dengan Sekel, Lurah Margamulya Mohammad Yudistira menerangkan bahwa dengan adanya program Pos Kelling di wilayah, masyarakat akan menjadi terbantu dan terpuaskan hatinya. Karena,papar dia, masyarakat dapat bertanya langsung mengenai proses dan persyaratan pelayanan melalui program konsultasi.

“Saat ini kita terbagi menjadi dua tim, satu tim akan melayani di kelurahan dan satu tim melayani di wilayah. Hal ini juga dalam rangka pendekatan diri aparatur kelurahan kepada masyarakat,” pungkasnya. (RAN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*