Era Digital Library, Bupati Luncurkan Aplikasi iBekasikab 

LUNCURKAN APLIKASI:Bupati Bekasi didampingi Sekda dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan dalam peluncuran aplikasi iBekasikab.

CIKARANG PUSAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan meluncurkan aplikasi iBekasikab Digital Library di Hotel Holiday Inn, Cikarang Utara, Selasa (09/10/2019).

Aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone berbasis android dan IOS ini, merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Kabupaten Bekasi bisa diakses langsung oleh siapapun dan kapanpun.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dalam sambutannya mengatakan, peluncuran aplikasi digital library ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2017 tentang Layanan Perpustakaan.

“Dalam undang-undang pada bab V pasal 14 ayat 3 berbunyi setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,”ujarnya.

Peluncuran aplikasi perpustakaan digital ini, lanjut Eka, dengan melihat tingginya angka pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, ada 171,17 juta jiwa yang terhubung internet sepanjang 2018.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, ada pertumbuhan sebanyaj 27,9 juta jiwa pengguna internet di 2018 yang didominasi kaum milenial,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Pemkab Bekasi melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengeluarkan inovasi baru. Yakni, perpustakaan digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi di tahun ini.

“Kemudian Gempita atau gerakan membaca masyarakat pintar dan takwa pada tahun 2020. Selanjutnya literasi ceria pada tahun 2021,” katanya.

Masih Eka, melalui aplikasi iBekasikab Digital Library, masyarakat juga bisa meminjam buku secara gratis. Baik secara online maupun offline dengan beragam fitur yang menarik dan bermanfaat.

“Melalui aplikasi itu juga bupati dan pemustaka bisa berkomunikasi dengan pemustaka lainnya. Bisa juga sharing tentang buku yang tersedia. Selain itu ada fitur E-Pustaka yang bisa mengakomodir perangkat daerah, komunitas dan organisasi untuk menampilkan konten lokal berupa hasil karya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Aplikasi iBekasikab Digital Library diluncurkan dengan berbagai koleksi bahan pustaka. Mulai dari buku anak, agama, buku motivasi hidup dan buku karya fiksi.

“Beberapa koleksi best seller seperti Mimpi Sejuta Dollar karya Merry Riana dan Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi diharapkan bisa menarik kaum muda menggunakan aplikasi iBekasikab,” ujarnya.

“Dari peluncuran ini juga diharapkan dapat meningkatkan gemar membaca di wilayah Kabupaten Bekasi. Semoga dengan peluncuran ini juga masyarakat Kabupaten Belasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Aplikasi ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam upaya mencerdaskan bangsa,” lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menambahkan, tujuan peluncuran aplikasi iBekasikab Digital Library secara umum untuk memotivasi, memacu dan mendorong minat baca masyarakat.

“Tujuannya mengkampanyekan budaya kegemaran membaca kepada seluruh lapisan masyarakat. Kemudian meningkatkan layanan perpustakaan dan minat baca masyarakat. Terakhir menciptakan layanan perpustakaan yang terintegrasi dan lengkap dalam berbagai format,” katanya.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*