Pasca Diimbau Korsupgah KPK, 2 Pengembang Perumahan Siap Serahkan PSU

Kabid Perumahan DPRKPP, Budi Setiawan.

CIKARANG PUSAT-Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Bekasi, Budi Setiawan mengungkapkan sudah ada beberapa pengembang perumahan di Kabupaten Bekasi yang bersedia menyerahkan Pra Sarana Umum (PSU), diantaranya adalah Pengembang Jababeka dan Bumi Cikarang Makmur (BCM).

“Jadi sesuai permintaan dari pengembang perumahan BCM yang sudah siap menyerahkan PSU-nya, maka kami undang semua stakeholder, baik dari DPRPKP, Bagian Hukum, PDAM, Dishub, Satpol PP,”beber Budi kepada media, Rabu (06/11/2029).

Jelas budi, tadi sudah digelar rapat teknis terkait akan dikeluarkannya Berita Acara (BA) serah terima PSU-nya.Selanjutnya tim langsung bekerja dengan meninjau ke lapangan terkait PSU milik BCM guna melihat laik atau tidak akan diserahterimakan sesuai yang diekspos oleh pengembang tersebut.

“Tetapi dalam serah terima PSU tetap harus memenuhi apa yang tertuang di dalam Permendagri No 9 tahun 2009. Kemudian Perda No 9 tahun 2017 tentang tata cara penyerahan fasos dan fasumnya,” kata dia.

“Alhamdulilah, kita mengapresiasi atas kesadaran pengembang perumahan di Kabupaten Bekasi yang sudah mulai menerima imbauan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi terkait PSU yang belum diserahkan pengembang,”lanjutnya.

Sesuai aturan,papar Budi, fasos fasum yang harus diserahkan sekitar 40 persen dari luasan perumahan yang dibangun pengembang, di dalamnya temasuk jalan, drainase bahkan ulititas lainnya. Karena menjadi hal yang wajib harus diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan hasil tindak lanjut dari Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK yang datang ke PemkabĀ Bekasi beberapa hari lalu. Alhamdulillah BPN dan pengembang sudah mulai datang ke bidang perumahan dan nantinya akan dicatat untuk disertifikatkan,”pungkas dia.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*