Tangguh Hadapi Bencana, BPBD Gandeng Relawan Melalui FKDM

PEMBINAAN: Sejumlah relawan siap siaga bencana tengah mendapatkan pembinaan dari Kepala BPBD Kabupaten Bekasi dan Perwakilan BNPB melalui kegiatan FKDM di Aula Desa Pantai Sederhana, Muaragembong.

MUARAGEMBONG-Tidak ada manusia yang mampu memprediksi terjadinya bencana alam,namun hanya bisa berupaya meminimalisir jumlah korban jiwa dan kerugian harta benda.

Untuk menguatkan upaya tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi gencar
melakukan kegiatan pembinaan bagi relawan, forum serta penggiat kebencanaan melalui Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM).

Salah satunya yaitu kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 4 – 5 November 2019 di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muaragembong. Kegiatan itu diikuti sekira 100 relawan kebencanaan yang tergabung dalam Forum Relawan Kabupaten Bekasi, yang meliputi perwakilan dari Desa Pantai Sederhana, Pantai Bahagia, Pantai Mekar, Forum Sekolah Tangguh Bencana (STB), Forum Karang Taruna Siaga Bencana Desa Bantarjaya; Komite Relawan Independent (KRI), dan Forum Tunas Muda Siaga Bencana Desa Pantai Mekar.

Kegiatan pembinaan tersebut dihadiri langsung Drs.H Wartono M.Pd, selaku Kasubdit Organisasi dan Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi  H.Adeng Hudaya AP. M.Si, Danramil Cabangbungin, Kapolsek Muara embong, dan Kasi Pencegahan BPBD Agus Suparno S.Ag  MM.

“Kegiatan FKDM ini mengambil tema living harmony with disaster, sebagai wujud kesiapsiagaan relawan dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi,” kata Kepala Seksi Cegah Siaga di BPBD Kabupaten Bekasi, Agus Suparno, Rabu (06/11/2019).

Agus berharap dari pembinaan ini pengetahuan dan kapasitas para relawan, forum serta penggiat kebencanaan di wilayah semakin meningkat. Menurutnya, tidak perlu ada tangisan, apabila ada persiapan.

“Sehingga nantinya, para relawan, forum serta penggiat kebencanaan di wilayah mampu tanggap, tangkas dan tangguh dalam menghadapi bencana,”tuturnya.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*