Usai Banjir, Pemerintah Tarumajaya Babat Habis Eceng Gondok di Kali

BERSIHKAN ECENG GONDOK: Camat Tarumajaya beserta jajaran dan warga setempat bersih- bersih eceng gondok yang menyangkut di kali.

TARUMAJAYA-Tingginya intensitas hujan bukan satu – satunya penyebab banjir, namun tersumbatnya sungai juga menjadi faktor terjadinya  banjir.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi melaksanakan giat kerja bakti bersama aparatur desa dan warga. 

Camat Tarumajaya, Dwy Sigit Andrian menuturkan, banjir membawa banyak sampah dan eceng gondok hingga menyumbat aliran, terutama aliran Kali Poncol hingga Kali Blencong, Desa Segara Makmur.

Oleh karena itu, dilakukan pembersihan kali agar air tidak mudah meluap karena tersendat sampah dan eceng gondok. 

“Kami dari kecamatan dan aparat Desa Segara Makmur juga masyarakat, bersama – sama membersihkan eceng gondok yang tersangkut di jembatan,” ucap Sigit. 

Ia menambahkan, pembersihan dilakukan sudah tiga hari sejak hari Rabu (08/01/2020) kemarin.
Hal ini lantaran begitu banyaknya eceng gondok yang tersangkut. 

“Segera kita bersihkan sebelum sampah dan eceng gondok menumpuk lebih banyak. Meski dengan peralatan seadanya, Alhamdulillah sudah bisa diatasi,” ungkapnya. 

Senada dikatakan Kepala Seksi Trantib Kecamatan Tarumajaya, Suseno, kerja bakti ini dilakukan agar air tidak mudah meluap karena tersendat sampah dan eceng gondok. 

Suseno yang juga menjabat sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Setia Mulya berharap agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari banjir, dan tidak membuang sampah sembarang terlebih di kali. 

“Terimakasih kepada warga yang ikut serta kerja bakti membersihkan kali. Meski hujan sepanjang hari tapi tetap semangat,”ungkap dia. (FER)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*