Covid-19 Serang Perkampungan, Warga Diminta Jalankan Protokol Kesehatan

Ilustrasi Pasien Covid-19 (ist).

TAMBUN SELATAN – Virus Covid-19 bukan hanya menyerang warga perkotaan, tapi saat ini telah merambah ke perkampungan.

Seperti yang terjadi pada warga RT 001 RW 003 Kampung Kalijambe, Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, yang sudah dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani karantina di Bapelkes Cikarang, Kabupaten Bekasi sejak Minggu (24/05/2020) lalu.

Bertepatan Hari Raya Idul Fitri, warga setempat berinisial W (50) diantar langsung ke Bapelkes Cikarang oleh Kepala Desa Lambangsari dan aparatur pemerintahan desa.

Bukan hanya W saja yang terpapar Covid-19, namun mantunya berinisial D (34) pun diduga positif Covid-19. W dan D yang merupakan mertua dan menantu tersebut, tinggal serumah bersama istri, anak dan cucu.

Kondisi ini yang menimbulkan kepanikan dan ketakutan warga setempat akan tertular Covid-19.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah membenarkan bahwa warga Kampung Kalijambe (W) positif Covid-19 dan sedang menjalani karantina di Bapelkes Cikarang.

” Ya, W positif Covid-19 dan sedang menjalani karantina di Bapelkes sejak Minggu (24/05/2020). Sedangkan anggota keluarga lainnya menjalani isolasi mandiri di rumahnya yang dipantau langsung oleh pihak puskesmas setempat. Protokolnya sudah disampaikan seperti apa isolasi mandiri,” ungkap Alamsyah melalui pesan whasApp kepada Bekasiekspres.com, Rabu (27/05/2020).

Alamsyah mengatakan,
awalnya hanya 1 orang dirawat, kemudian 2 orang anggota keluarga dekatnya yang terpapar
belum terkonfirmasi.

“Masih diperiksa, hasil laboratoriumnya belum ada,” tulisnya.

Menurut Alamsyah,
dari awal pihaknya telah melakukan edukasi, sosialisasi dan persuasif tentang Covid-19 kepada semua lapisan masyarakat. Bahkan kata dia,
gugus tugas juga sudah ada sampai tingkat desa.

“Bukan cuma puskesmas yang edukasi,aparat lain juga bisa edukasi, termasuk media massa,” tandasnya.

Menanggapi kekhawatiran warga setempat tertular virus Covid-19, Alamsyah dengan tegas menyebut semua tempat juga termasuk rumah sakit, dan tempat umum rentan penularan.

“Kuncinya terapkan protokol kesehatan dengan baik, benar, dan konsisten, Insya Allah tidak akan tertular virus Covid-19.Seperti, memakai masker, jaga jarak,kerap cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, serta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” bebernya.

“Warga setempat untuk tidak mengucilkan warga yang terpapar Covid-19.
Harus disupport, karena
penyakit ini bukan aib.
Kasihan kan, sudah sakit malah dijadikan stigma,” beber dia lagi.(ZAL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*