Ini Jurus Dinas Koperasi Bangkitkan UMKM Saat Pandemi Covid-19

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna.

CIKARANG PUSAT – Pandemi Covid-19 yang melanda tanah air berdampak luar biasa, tidak hanya bidang kesehatan yang terdampak, di bidang ekonomi pun alami perlambatan bahkan tak main-main sejumlah perusahaan mulai ada yang kolaps dan sektor UMKM pun terpuruk.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bekasi turut membantu para pelaku UMKM dengan membeli produk masker buatan UMKM.

“Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bupati Bekasi bersama seluruh SKPD menjelang lebaran melakukan pembelian masker ke pelaku UMKM,”ungkap dia yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (08/07/2020).

Menurut Iyan, pembelian masker dari UMKM merupakan bentuk perhatian langsung pemerintah daerah kepada pelaku UMKM. Bahkan di bagian program selanjutnya Bupati bersama ULP melaksanakan pelatihan ecomart, yang mana ke depan nantinya para pelaku UMKM bisa menjadi pemasok ATK berupa makan minum bagi SKPD di lingkungan Pemkab Bekasi.

“Kegiatan pelatihan ini juga bisa di bilang bagian dari kepedulian Pemkab Bekasi kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi,”kata dia.

Dijelaskan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai salah satu penguatan peran pemasaran.

Sementara itu bagian penguatan permodalan, papar Iyan, memang belum ada ke arah situ.
Bahkan diakui Iyan, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan Bagian Perekonomian Sekretariat Pemkab Bekasi untuk bantuan permodalan bagi pelaku UMKM.

“Sekarang ini masih dilakukan pengkajian, seperti apa polanya sendiri diakuinya juga belum tahu,”tandas dia.(DEJ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*