Pelayanan Samsat Keliling Kelurahan Kalibaru Disambut Antusias Warga

POSE BARENG: Aparatur Kelurahan Kalibaru bersama petugas Samsat berpose usai kegiatan.

MEDAN SATRIA – Pelayanan Samsat Keliling hadir di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bertempat di halaman kelurahan, kegiatan tersebut mendapat apresisai dari Lurah Kalibaru Suhartono Se.Ma. menurut dia, dengan adanya Samsat Keliling turut menjaring peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), selain itu juga membantu dan mempermudah masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan.

“Untuk menjaring PAD, saya bekerjasama dengan teman saya di Samsat, baru di tahapan awal saja sudah Alhamdulillah. Mungkin nanti dengan waktu yang panjang saya akan lebih menginformasikan bukan hanya di Kelurahan Kalibaru, tetapi saya akan menginformasikan ini ke seluruh Kecamatan Medan Satria, bahkan Kota Bekasi,”ujarnya kepada awak media, Senin (10/08/2020).

Dikatakan Lurah Tono sapan akrabnya, terkait sosialisasi Samsat Keliling ke masyarakat, pihaknya bekerjasama melalui RT/RW seminggu sebelumnya dengan mengimbau agar menerapkan protokol kesehatan melalui social distancing serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat mengikuti kegiatan.

“Alhamdulillah saya sebagai Lurah sangat berterima kasih ya, dengan adanya Samsat Keliling ini lebih mendekatkan masyarakat. Pertama mereka tertolong dengan transportasi, kedua terkait dengan waktu dan ini harus lebih dikembangkan supaya masyarakat lebih nyaman lagi,”tukasnya.

Di tempat yang sama, Penanggung jawab PT. Jasa Raharja Samsat Kota Bekasi, Indrawan Ayip Rosyidi SH memaparkan, pada pelayanan Samsat Keliling kali ini yang akan dilayani adalah perpanjangan pajak kendaraan roda dua maupun empat untuk warga masyarakat yang memiliki NIK Kota maupun Kabupaten Bekasi.

“Tapi persyaratanya harus lengkap,STNK asli, KTP asli dan BPKB asli kalau copynya buat arsip di Samsat. Untuk ganti STNK yang 5 tahunan atau balik nama pelayanannya tetap di kantor induk karena untuk proses perlu cek fisik kendaraan,”jelas Indra.

Seorang warga masyarakat, Titik (38) warga Rawa Bambu, kelurahan Kalibaru yang baru saja selesai memperpanjang pajak sepeda motornya mengaku sangat puas dan terbantu dengan adanya pelayanan Samsat Keliling di wilayahnya.

“Prosesnya cepat ya, tidak ribet. Saya merasa terbantu sekali dengan Samsat Keliling jadi hemat waktu tidak perlu lagi ke kantor Samsat untuk perpanjang pajak, apalagi di musim covid seperti ini,”pungkasnya. (RAN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*