Meikarta Gondol Penghargaan MURI Taman Buatan Terluas Indonesia

Foto Kiri: Senior Operational Manager MURI Triyono menyerahkan piagam penghargaan Rekor MURI kepada Chief Marketing Officer Meikarta Lilies Surjono disaksikan Advisor Lippo Cikarang Henry Riady di Jembatan Cinta Danau Central Park Meikarta pada Selasa (03/11/2020). Foto Kanan: Area Danau Central Park Meikarta di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

CIKARANG SELATAN – Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan Meikarta sebagai pemilik taman buatan terluas di Indonesia lewat suguhan ‘Central Park’ di atas lahan seluas 105 hektare.

Pemberian penghargaan dilakukan di Jembatan Danau Central Park Meikarta Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan pada Selasa (3/11/2020) dan ditayangkan melalui aplikasi webinar zoom, sehingga masyarakat dapat menyaksikan secara langsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Umum sekaligus pendiri MURI Jaya Suprana melalui media webinar zoom mengaku bangga atas prestasi Meikarta yang terus berkarsa dan berkarya bagi bangsa.

“Selamat kepada Meikarta atas capaian prestasi yang telah dibukukan perusahaan. Tiga kali rekor MURI adalah prestasi yang patut dibanggakan. Penjualan terbanyak, topping off terbanyak dan tercepat, sekarang taman buatan terluas. Terus berkarya untuk bangsa,” kata dia.

Senior Operational Manager MURI Triyono mengatakan data yang dimiliki pihaknya mencatat Meikarta sebagai pengembang perumahan dengan taman terluas se-Indonesia.

“Taman di tengah kota ini menjadi penyeimbang antara kemajuan teknologi dengan konsep back to nature. Meikarta ini patut dicontoh ya karena tidak menjadikan seluruh kawasan menjadi sentral niaga tapi juga taman terbuka hijau, sehingga akan mengurangi polusi yang sudah semakin parah di Indonesia,” katanya.

Triyono mengaku Meikarta menyadari betul fungsi ruang terbuka hijau bagi masyarakat karena ketersediaan udara segar serta suhu yang sejuk bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Artinya, pihak swasta juga bisa turut andil dalam menyumbangkan partisipasinya. Apalagi lokasi Meikarta yang dekat dengan pusat industri harus didukung dengan suplai oksigen yang mumpuni bagi penghuninya,” ungkapnya.

“Masyarakat kini sudah sangat sulit mendapatkan RTH yang nyaman dan juga ramah anak. Kehadiran Central Park ini menjadi pelepas kerinduan masyarakat untuk berbaur dengan alam dengan udara yang sejuk dan segar,” ungkap dia lagi.

Tentang Central Park

Chief Marketing Officer Meikarta Lilies Surjono mengatakan Central Park merupakan sebuah ruang terbuka hijau berisi danau buatan, bermacam jenis tanaman dan satwa, serta aneka arena bersifat human interest di atas lahan seluas 105 hektare.

Mengusung konsep Kota New York, Meikarta menghadirkan sedikitnya 12 arena menarik di area Central Park yang bisa dinikmati penghuni dan pengunjung di antaranya jogging track, rumah hobbit, jembatan cinta, taman hewan, gembok cinta, komidi putar, sepeda tandem, lapangan futsal rumput, taman pergola cinta, kios peti kemas, hingga arena bermain anak.

“Di Central Park ini juga tersaji pemandangan lahan dengan tanaman hijau yang memang kini jarang ditemukan di pusat kota Indonesia. Untuk menyegarkan pikiran, anda bisa menghirup udara sejuk,” katanya.

Lilies melanjutkan ada sekitar 96.000 tumbuhan yang telah ditanam di area Central Park Meikarta. Upaya penghijauan yang dilakukan Meikarta ini melibatkan sejumlah warga sekitar juga petani lokal.

“Berbagai pohon bertekstur keras seperti randu, beringin, dan pulai juga ditanam di area taman. Selain itu bunga warna-warni pun turut ditanam agar tidak hanya terlihat hijau, tetapi juga akan menjadi lebih cantik,” ujarnya.

Selain itu Central Park juga memiliki danau seluas 50 hektare dengan daya tampung maksimal 300.000 meter kubik yang merupakan salah satu upaya Meikarta untuk menghindari banjir. Fungsinya sebagai reservoir yang semakin optimal didukung pohon hijau di sekitarnya.

Testimoni Pengunjung

Putri Indonesia Lingkungan 2019 sekaligus Miss International 2019 Jolene Marie mengaku Central Park Meikarta merupakan satu-satunya taman kota terluas yang pernah dibangun pengembang perumahan di Indonesia bahkan di Asia.

“Sangat layak mendapatkan rekor MURI, karena ini sesuatu yang amazing ada di tengah kota, sebuah hasil perencanaan yang cerdas, verywell plan,” bebernya.

Dia juga mengagumi keberadaan taman-taman yang ramah bagi anak-anak dan keluarga.

“Keberadaan Central Park seluas 105 hektare ini benar-benar mendukung green living dan healthy lifestyle bagi semua penghuni apartemen Meikarta. Ini tempat yang kita idam-idamkan di kota besar seperti kita di Jakarta. Ini betul-betul asri, rimbun, hommy, and family friendly,” kata Jolene.(TIM)

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*