Gugatan Banding Tuti Yasin Kandas di PT.TUN Jakarta

Kuasa Hukum Tergugat

CIKARANG PUSAT – Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT.TUN) Jakarta telah memutus Gugatan Banding Tuti Nurcholifah Yasin pada 30 November 2020.

Dalam Amar Putusannya, PT.TUN Jakarta memenangkan pimpinan DPRD dan Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022.

Dihubungi melalu selularnya, Slamet Fitriono, SH selaku Kuasa Hukum dari Pimpinan DPRD Kabupaten Bekasi mengatakan, gugatan Tuti Yasin di PTUN Bandung tidak dapat diterima, dan kemudian dia melakukan Banding melalui Kuasa Hukumnya ke PT.TUN Jakarta.

“Pada 30 November 2020 yang lalu, putusan PT TUN Jakarta kembali memenangkan Pimpinan DPRD dan Panlih,” ungkap Slamet, Kamis (10/12/2020).

Dijelaskan Slamet, Akta Banding Kuasa Hukum Tuti Yasin tertanggal 24 Agustus 2020, kemudian dilakukan penetapan dan penunjukan majelis hakim yang memeriksa dan memutus sengketa oleh Kepala PT TUN Jakarta pada tanggal 4 November 2020.

“Dari situlah mulai diperiksa perkara ini, dan gugatan Tuti Yasin kandas di PT TUN Jakarta,” ujar Slamet.

“Kami belum tahu, apakah Tuti Yasin akan kembali upaya hukum Kasasi ke Mahkamah Agung. Tapi yang jelas, baik saya ataupun Kuasa Hukum Panlih Wakil Bupati Bekasi Dedi Kurniadi SH dan Wahyu Haryadi SH akan selalu siap menghadapi upaya hukum dari Tuti Yasin kepada Pimpinan DPRD dan Panitia Pemilihan,” ujar Slamet lagi.

Sementara, salah satu Anggota Panitia Pemilihan Wakil Bupati Bekasi, Nyumarno, dengan singkat menyebut pihak DPRD Kabupaten Bekasi sangat patuh dan taat hukum.

“Bagi pihak-pihak yang keberatan dan merasa kepentingan hukumnya dirugikan atas Keputusan DPRD tentang Penetapan dan Pengangkatan H.Akhmad Marjuki SE sebagai Wakil Bupati Bekasi Terpilih, silahkan ada mekanisme dan upaya hukum yang sudah diatur sesuai ketentuan perundangan,” demikian tutur Nyumarno mengakhiri.

Untuk diketahui, Pemilihan Wakil Bupati Bekasi Sisa Masa Jabatan 2017-2022 yang sudah digelar pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi 18 Maret 2020 yang lalu, telah menetapkan H.Akhmad Marjuki SE sebagai Wakil Bupati Bekasi Terpilih. Namun saah satu Calon Wakil Bupati Bekasi, Tuti Nurcholifah Yasin menggugat Pimpinan DPRD Kabupaten Bekasi dan Panitia Pemilihan ke PTUN Bandung melalui Perkara Nomor: 69/G/2020/PTUN.BDG.

Gugatan Tuti Yasin terhadap Pimpinan DPRD dan Panitia Pemilihan Wakil Bupati Bekasi tersebut, telah diputus tanggal 12 Agustus 2020. Amar Putusan PTUN Bandung menyatakan Gugatan Tuti Yasin tidak dapat diterima. Atas kekalahan itu, melalui Kuasa Hukumnya Adrianus Agal SH MH dkk, Tuti Yasin mengajukan Banding ke PT.TUN Jakarta dengan Perkara Nomor: 287/B/2020/PT.TUN.JKT. (RED)

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*