Perbaiki Jalan Raya, Kades Lambangsari: Kami Tidak Pakai Uang Negara

Gotong royong Pemdes Lambangsari dan warga memperbaiki Jalan Raya Legenda-Mustikajaya, Tambun Selatan.

Tambun Selatan – Tidak kunjung dilakukan perbaikan oleh pemerintah daerah, Pemerintah Desa (Pemdes) Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, libatkan partisipasi warga untuk melakukan perbaikan Jalan Raya Legenda – Mustikajaya, Tambun Selatan yang mengalami rusak parah dan kerap menyebabkan kecelakaan pengguna jalan disana.

Perbaikan Jalan Raya Legenda – Mustikajaya, sejatinya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, lantaran jalan tersebut berstatus milik Kabupaten Bekasi yang menghubungkan antara Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi yang melintasi wilayah desa Lambangsari, Tambun Selatan.

“Kami hanya melakukan perbaikan titik jalan yang mengalami kerusakan parah saja, seperti yang ada di simpang tiga grandwisata ini. Dan ini juga kami lakukan secara swadaya dengan melibatkan partisipasi warga dan tanpa menggunakan anggaran negara. Apalagi ini jalan ini berstatus jalan Kabupaten Bekasi, artinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang memiliki kewenangan penganggaran perbaikan,”ujar Pipit Haryanti, Kepala Desa saat berada dilokasi perbaikan Jalan Raya Legenda – Mustikajaya di simpang grandwisata, RW 004, Desa Lambangsari, Sabtu (22/5/2021).

Kades Lambangsari Pipit Haryanti (hijab hitam), saat bersama warganya memperbaiki jalan rusak diwilayahnya.

Dijelaskan Kades akrab disapa Pipit, meski perbaikan jalan berstatus milik kabupaten adalah kewenangan Pemkab Bekasi untuk melakukan perbaikan, namun tidak sertamerta pemerintah desanya untuk berdiam diri melihat kondisi yang ada. Sehingga dibutuhkan, inisiatif, inovasi dan peran aktif pemerintah terbawah, dalam mengambil kebijakan untuk mengatasi sebuah persoalan yang bisa berdampak terhadap publik.

“Sebetulnya kami sebelumnya sudah melayangkan surat permohonan perbaikan kepada dinas terkait di Pemkab Bekasi, namun karena mungkin masih banyak pekerjaan perbaikan jalan diwilayah lain, ya kami berinisiatif melakukan perbaikan, meskipun tuntunya hanya bersifat sementara. Dan itupun kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang berpartisipasi untuk menyumbang aspal (hotmix), sehingga jalan yang rusak parah bisa tertambal dan bisa mencegah terjadinya kecelakaan akibat jalan rusak,”bebernya, sambil berharap Pemkab Bekasi bisa merespon permohonan perbaikan Jalan Raya Legenda – Mustikajaya yang mengalami kerusakan cukup parah di beberapa titik.

“Mudah-mudahan, melihat masih ada beberapa titik kerusakan jalan yang ada, Pemkab Bekasi bisa segera melakukan perbaikan,”harapnya menambahkan.(MAR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*