Dewan Minta Penghuni Apartemen Terdata Secara Berkala Seperti Hunian Horizontal

Ilustrasi Apartemen (foto:ist).

BEKASI TIMUR – Fungsi apartemen dan rumah susun sebagai rumah vertikal belum sepenuhnya menjadi tempat tinggal bagi penghuninya. Bahkan, di Kota Bekasi khususnya, justru sudah berubah fungsi menjadi usaha sewa menyewa layaknya hotel. Tidak itu saja, pendataan penghuninya pun tidak akurat sehingga banyak penghuni yang bebas tanpa pendataan kependudukan.

Menanggapi hal itu, Nicodemus Godjang, anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PDI Perjuangan meminta agar penyewaan apartemen yang dilakukan agar ditindak tegas oleh Pemkot Bekasi karena tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

“Sangat jelas peruntukan apartemen adalah hunian tempat tinggal, bukan hotel. Tapi justru apartemen sudah berubah fungsi menjadi penginapan yang disewakan layaknya hotel. Ini harus ditertibkan karena menyalahi aturan,” tegas Nico panggilan akrabnya yang juga menjabat sebagai Ketua Bapemperda DPRD Kota Bekasi, Selasa (15/06/2021).

Bahkan, Nico juga mendesak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat segera mendata secara berkala penghuni apartemen dan rumah susun. Agar penghuninya jelas dan memiliki identitas yang jelas seperti rumah tinggal horizontal.

“Kita tidak tahu siapa-siapa saja penghuninya. Maka sesuai fungsinya sebagai rumah tinggal vertikal, maka juga harus diperlakukan sama. Ada Rukun Warga (RW) dan ada Rukun Tetangga (RT). Nah, yang ada saat ini terkesan liar dan berubah fungsi,” ungkap Nico.

Nico pun menegaskan akan mengawasi secara ketat fungsi apartemen tersebut, dan meminta data-data penghuni.

“Kita tidak tahu siapa yang menempati apartemen itu. Karena tidak terdata secara berkala. Sehingga banyak laporan, apartemen banyak yang menjadi tempat yang diduga prostitusi dan narkoba. Semua ini karena peruntukan dan tidak adanya sistem kependudukan seperti rumah tinggal horizontal atau perumahan pada umumnya. Tidak ada pengawasan dari RT atau RW, maka itu harus dibentuk RT dan RW, bukan paguyuban. Harus resmi sesuai regulasi rumah tinggal,” jelasnya.(RED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*