Gempita Nusantara Grand Metropolitan Ajak Cinta Tanah Air

BEKASI SELATAN – Untuk yang kedua kalinya, kembali Grand Metropolitan Mall Bekasi menggelar ajang bernuansa nasionalisme menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia. Menyemarakkan HUT RI ke-74, mall ternama di Kota Bekasi Jawa Barat ini menggelar acara Gempita Nusantara.

Selama dua pekan, gelaran penuh ragam pentas budaya tanah air tersebut hadir menawarkan rangkaian euforia semarak kemerdekaan, dimulai dari 4 Agustus hingga 18 Agustus 2019,

Pembukaan dilakukan oleh Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono didampingi isterinya, Wiwiek Hargono, dan jajaran manajemen Grand Metropolitan jajaran manajemen Grand Metropolitan, Minggu (4/8).

Mengandeng rekanan, yakni Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI) dan Griya Aristy dan Delima Resto & Catering yang aktif dalam dunia kulinari Indonesia dan tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), maka melalui Gempita Nusantara ini, Grand Metropolitan mengajak menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Ragam kegiatan yang ditampilkan Gempita Nusantara, antara lain adu bakat menghias jajanan pasar, menari daerah dan menyanyi lagu-lagu nasional yang didukung oleh berbagai pihak yang memiliki visi memajukan budaya Indonesia.

General Manager Grand Metropolitan Mall, Augusman Turnip menjelaskan hal tersebut pada Pers Conference usai pembukaan Gempita Nusantara di lantai Atrium Mal Grand Metropolitan, Minggu (4/8).

“Momentum kemerdekaan merupakan hal bersejarah yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Tentunya semangat kemerdekaan ini tidak luput dari perhatian Grand Metropolitan. Menghadirkan ragam pentas budaya sebagai entitas kesatuan bangsa, kami berharap bahwa semangat nasionalisme dapat dirasakan oleh para pengunjung setia Grand Metropolitan,” ungkap Augusman Turnip, General Manager Grand Metropolitan.

Augusman menjelaskan, dihari pertama gelaran itu usai pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Tri Adhianto, kegiatan diawali dengan lomba menghias jajanan pasar. Sedangkan lomba tari kreasi daerah akan digelar pada tepat 17 Agustus 2019, yang akan dimeriahkan juga oleh penampilan HIVI. Sementara itu, lomba vokal Grandmet Voice yang digelar pada 18 Agustus 2019 didukung oleh Yamaha Smile Music.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelajar untuk menyalurkan bakat dan menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, menurut Augusman, melalui Gelaran Gempita Nusantara tersebut, Grand Metropolitan juga memfasilitasi sekolah-sekolah di sekitar Bekasi. Dari jenjang TK, SD, SMP hingga SMA, untuk menampilkan kemampuan pada bidang olah vokal, tari tradisional dan ragam kesenian lainnya.

Sementara dari Griya Aristy dan Delima Resto & Catering, Ari Widyaningsih dikesempatan itu menjelaskan, kegiatan lomba menghias jajanan pasar pada Gempita Nusantara ini sekaligus mengapresiasi cita rasa unik jajanan pasar serta menjadi wadah kreativitas bagi industri jasa boga.

Menurut Ari, peserta lomba Menghias Jajaanan Pasar sudah melalui seleksi ketat. Diakuinya baru sehari ia mensosialisasikan kegiatan lomba ini, sudah 60 peserta mendaftar.

“Namun kami seleksi ketat, dan tidak sembarangan yang bisa ikut dalam lomba ini. Sehingga tersaring 43 peserta yang berkompetisi dihari ini,” jelas Ari.

Hal sama dilakukan Yayasan Belantara Budaya Indonesia (BBI), Dyah Kusumawardani dalam merekrut peserta lomba menari tadisional.

Menurut Dyah, sebelum diputuskan jadi peserta lomba, pendaftar harus terlebih dahulu mengirimkan performancenya melalui Instagram kepada panitia.

“Dari itu maka terlihat peserta tidak bisa asal bisa menari, namun harus memiliki kemampuan layak berkompetisi,” ucapnya.

Ia menjelaskan, lomba menari tersebut akan dinilai langsung oleh juri-juri yang kompeten di dunia tari, seperti Karina Syahna, Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2019 yang aktif menjadi pelatih tari anak berkebutuhan khusus.

Diketahui, BBI adalah sebuah yayasan yang melestarikan tari tradisional dengan membangun sekolah tari tradisional gratis yang bertempat di berbagai lokasi, khususnya di museum-museum bersejarah di Indonesia.(hen)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*